Tips dan Trik Mempercepat Akses Internet

Saat anda browsing atau membuka suatu website di internet entah dari warung internet ataupun dari rumah, mungkin anda sering mengeluh akan lambatnya akses untuk menampilkan website tersebut. Padahal akses internet di Indonesia sekarang ini masih terhitung mahal. Sebenarnya ada cara-cara mudah untuk meningkatkan kecepatan akses internat anda tanpa harus membayar biaya lebih mahal. Beberapa diantaranya adalah dengan menyetting browser kita, menggunakan openDNS, dan menggunakan Google Web Accelerator.

Untuk menerapkan trik-trik tersebut sangat mudah. Cara pertama yaitu menyetting browser dapat dilakukan oleh pengguna Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Bagi pengguna Internet Explorer klik menu [Tools] [Internet Option], klik tab [General]. Pada opsi “Temperory Internet files”, klik [Settings] lalu Geser slider-nya. Hal itu untuk membuat cache (lokasi penyimpanan sementara) untuk web yang anda buka, sebaliknya disediakan sekitar 5% dari Hard disk.

Bagi pengguna Mozilla Firefox anda dapat mengetikkan “about:config” pada address bar,. setelah itu ubah “network.http.pipelining” dan “network.http.proxy pipelining” menjadi “true”, serta isi “network.http.pipelining.maxrequests” antara 30 –100 ( semakin besar semakin cepat ). Yang terakhir klik kanan dimana saja dan pilih New->Integer , tuliskan “nglayout.initialpaint.delay” lalu isi dengan 0.

Untuk trik kedua, pertama anda harus mendaftar di www.openDNS.com . Setelah itu masuk ke Control Panel dari start menu, pilih network connections lalu pilih koneksi anda dan klik tombol properties. Pada bagian Internet protokol anda bisa pilih TCP/IP dan klik properties. Masukkan angka 208.67.222.222 dan 208.67.220.220 pada opsi DNS dan restart komputer anda.

Setelah melakukan 2 tips di atas sekarang anda pasti akan mendapat kecepatan akses yang lebih kencang. Bagi yang masih belum puas dengan kecepatan aksesnya sekarang dapat menggunakan trik yang ke tiga yaitu Google Web Accelerator. Google Web Accelerator di desain khusus untuk mempercepat akses internet anda, khususnya anda yang menggunakan koneksi broadband (pita lebar) seperti Cable dan DSL. Untuk anda yang menggunakan koneksi lain seperti Dial-up (Telkomnet Instant atau Speedy) maupun satelit atau wave, Google Web Accelerator juga dapat mempercepat aksesnya.

Untuk memakai Google Web Accelerator anda harus memenuhi kriteria antara lain Operating System anda harus Windows XP atau Windows 2000 dan browser anda harus Internet Explorer 5.5+ atau Mozilla Firefox 1.0+. Kalau untuk browser lainnya sebenarnya juga bisa, tetapi anda harus meng-konfigurasi proxy settings dari browser anda dengan menambah 127.0.0.1:9100 pada HTTP. Setelah anda melakukan instalasi, Google Web Accelerator akan menampilkan icon kecil di atas browser anda dan icon tray di pojok bawah layar komputer. Anda dapat mengunduh Google Web Accelerator di http://webaccelerator.google.com.

(telkom.net)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

56 thoughts on “Tips dan Trik Mempercepat Akses Internet”

  1. mas bisa di perjelas dengan memuat gambarnya soalnya gw gaptek. kadang2 bete dgn koneksi yg lambat. apalagi klu hari2 libur leletnya minta ampun saya menggukan modem smart. tolong ya mas …thanks before

  2. Real, life, modern, warfare, xbox, xbl, counterstrike, sounds, playstation, xbox, live , halo gmod gta 5 need for speed undercover g unit lego lost green lantern movie mtv gamestop yellow ps3 grapes twin towers 2 lego spider man lego indiana jones lego star wars 3 lego batman arkham asylum game the dark knight video game jak 4 jak 5 jak 6 ps4 ps5 yellow ps3 gta 5 bully 2 psp nyc Super Mario Galaxy 2007 97 call bj of duty assassins creed gta 4 grand theft auto vice city san andreas 4 bioshock mass effect metal gear solid 4 2 Legend of Zelda: Twilight Princess, resistance fall of man tom clancy's rainboy six vegas The 2006 95 3 Super Smash Bros. Brawl 2008 94 4 Resident Evil 4 Wii Edition 2007 battlefield bad company ps2 gamecube ok roll'd xbox 91 5 Metroid Prime 3: rick roll Corruption 2007 90 6 Okami 2008 8

  3. Meski saat ini kondisinya ga sama saat artikel ini ditulis, nampaknya masih berlaku. Pemakaian internet yang semakin cepat dan murah saat ini, bila ditambah saran Anda, wah jadi tambah jreng… thanks gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA Image
Reload Image