Tema blog


Saya mendapat saran dari mas kunto aji untuk bikin tema blog yang bagus. Wah nggak dapat ide nih.. Katrok banget sih..Akhirnya browsing untuk cari referensi dan dapat di sini
Knowledge is power. Time is money.
Dari rumus fisika saat SMP Power=Work/Time.
Sedangkan Power=Knowledge dan time=money.
Jika disubstitusi maka menjadi Knowledge=Work/Money.
Knowledge gets larger, Money gets smaller. Jika work tetap dan knowledge bertambah maka money menjadi kecil. Persamaan ini berlaku untuk para engineer dan ilmuwan, tidak termasuk saya karena saya buruh pabrik.
Begitu.. Terima kasih mas kuntoaji

MUDIK

Nah saatnya mudik.
Meskipun ada warga yang tidak mudik, para pemudik dimohon untuk waspada.
Tips
1. Jangan matikan lampu depan rumah. Kasihan pak Arif jadi takut keluar rumah
2. Sebelum meninggalkan ruamah periksa kompor, pastikan tidak menyala. Cabut selang gas.
3. Lepas steker peralatan elektronik
4. Simpan nomor telpon tetangga terdekat. Nah bentar lagi akan dibagi oleh Pak RT.
5. Baca Basmallah sebelum berangkat.
6. Selamat mudik.

Nggak terasa udah mau mudik lagi

Seminggu menjelang lebaran ada rutinitas yang selalu saya lakukan. Sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Meskipun mudiknya cuma dari Purwokerto ke Solo tapi persiapannya ampun deh… Padahal kalau pas pulang di hari biasa nggak seperti ini lho.
Perjalanan kalau hari biasa paling cuma 6 jam bisa jadi 10 jam atau lebih kalau pas macetnya parah, rekor 12 jam. Tapi katanya lebaran tahun ini agak lancar karena banyak jembatan yang sudah selesai dibangun.
Persiapan :
1. Istri nyiapin bekal : baju, bantal, makanan kecil, dll.
2. Nukar uang receh ke BI untuk angpau keponakan-keponakan
3. Tune up grobak tua biar nggak macet di jalan
4. Nyiapin lagu-lagu yang enak didengar, biar di jalan nggak bosan. Kayak malam ini downlaod lagu. Maaf ya para pencipta lagu, lagunya saya sedot, habis lagunya enak di denger.
5. Menjaga stamina biar nggak sakit.
6. Membaca Basmallah waktu mau berangakat.

Wah sudah terbayang jalanan macet penuh dengan mobil plat B yang nyupirnya pada lincah-lincah, potong kanan kiri. Kalau di hari-hari biasa nyupir kayak gitu di daerah udah dilempar batu tuh. Kalau di Jakarta kok nggak ya, justru di Jakarta lebih toleran.
Waduh kalau di Solo nggak bisa ngakses internet sepuasnya paling pakai telkomnet yang bandwidth-nya ampun deh. Padahal udah kecanduan nih.
Mudah-mudahan puasanya nggak bolong waktu di perjalanan, mulut ini pasti kecut banget kalau nyupir terlalu lama.

COMMANDS FOR UBUNTU

Agar mudah maka saya kumpulin.
Newbie sih, masih bingung memberikan perintah, kalau dapat masalah, tentu saya tidak pasrah, apalagi menyerah, meskipun kepala serasa mau pecah, walaahhhh….
Commands for Ubuntu “keren”
http://blogs.tech-recipes.com/johnny/ubuntu-quick-reference/
http://ubuntu.wordpress.com/category/commands/
https://help.ubuntu.com/community/UsingTheTerminal?action=show&redirect=BasicCommands
http://www.debianadmin.com/ubuntu-edgy-upgrade-common-problems-with-solutions.html
http://ubuntuguide.org/wiki/Ubuntu:Hardy

TIPS MENGHINDARI MALING

Sodara-sodara sebangsa dan se-tanah air.

Perlu kita ketahui bersama bahwa menjelang lebaran biasanya angka kriminalitas meningkat tajam.
Ingatlah kejahatan tidak selalu berasal dari niat pelakunya, tetapi juga karena ada kesempatan maka waspadalah… waspadalah…
Untuk mengantisipasi kejahatan di lingkungan kita, ada beberapa tips, yaitu :
1. Selalu ingat pesan bang napi waspadalah.. waspadalah…
2. Jangan sampai memberi kesempatan untuk berbuat jahat.
Contoh-contoh tindakan nyata adalah =
a. Hidupkan lampu sebelum gelap. Beberapa kali terjadi pencurian motor, karena motor masih di depan rumah pada saat maghrib.
b. Jangan biarkan akses masuk rumah terbuka secara bebas. Selalu tutup pintu atau gerbang rumah. Beberapa kali kejadian, pencuri dengan mudah masuk karena pintu terbuka. Jika kepergok pura-pura salah alamat/menanyakan kontrakan/numpang ke belakang.
c. Silahkan menambah tips. Nulisnya di comments ya.. nih di bawah ini

ubuntu 8.04 not booting anymore, initramfs error/problem

Tidak tahu mengapa pada saat menghidupkan Ubuntu, tiba-tiba tidak mau booting, malah keluar command kalau tidak salah begini
Built-in shell (ash) enter ‘help’ for a list of builtin commands
initramfs.
Apa kuwe, inyong ora ngerti, newbie sih… Untungnya masih pakai dual boot.

Hidupkan windows terus googling. Dapet solusi di sini,
Penyebab :
Salah pada saat shutdown windows (walah.. sumbernya lupa dari mana ya)
Solusi:
Lakukan error checking pada drive dimana ubuntu diinstal
centang automatically fix….
centang scan for….
Tunggu sampai checking selesai
Dishutdown yang bener
Hidupkan lagi
Coba booting Ubuntu keren
Jadi deh..
Nyumet rokok wus….

Kalau windows-nya udah tak cabut gimana ya?.. garuk2 kepala

It’s about initramfs