ke luar kota

Tanggal 1 s/d 5 Desember 2008 saya mendapatkan tugas kantor ke luar kota, pada tanggal tersebut harus ke Jakarta untuk training dan menghadiri pameran. Sebagai karyawan, saya harus patuh pada perintah atasan. Setelah mendapatkan perintah, dengan lantang saya langsung berkata “siap laksanakan, balik kanan grak, bubar jalan”.

Selama kurun waktu tersebut dipastikan aktivitas ngeblog saya akan berkurang bahkan mungkin sama sekali tidak bisa ngeblog. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan akses mobile internet saya, bukan karena keterbatasan memang saya belum punya sarana dan prasarananya. Lha saya ini orangnya tidak biasa mobile. Aktivitas sehari-hari belakangan ini adalah bangun tidur, kerja, pulang, blogging/browsing/downloading/programing/dan laing-laing, kemudian tidur.

Sebenarnya beberapa waktu yang lalu merencanakan untuk membeli peralatan mobile internet, maksudnya laptop dan hape, tapi ndilalah negara kita dihajar oleh kenaikan dolar, harga-harga gadget menjadi naik luar biasa. Supaya tulisannya banyak maka saya copykan arti gadget menurut wikipedia. Gadget adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru. Gadget dianggap dirancang secara berbeda dan lebih canggih dibandingkan teknologi normal yang ada pada saat penciptaannya.

Gaji saya kan dalam rupiah, harga barang-barang tersebut berpatokan dolar ya jelas nggak nyambung. Harga kebutuhan sehari-hari dan angsuran rumah pun ikut naik, sialnya lagi saat bunga pinjaman kemarin dulu sedang rendah saya pinjam lagi pinjaman jangka panjang. Lha banknya kok ya mau ‘ngutangi’ saya. Maksudnya memberi hutang, bukan memakaikan kuta**. Lha saya kan pria nggak pakai kuta**. Memang kayak tulisannya pak Marsudiyanto ini. Walah kok malah mengeluh sih.

Jadi terpaksa harus mengencangkan ikat pinggang dulu. Keinginanku yang sudah terpendam selama ini ditunda dulu sampai batas waktu yang belum ditentukan. Menunggu KEPUTUSAN PRESIDEN mengenai penurunan suku bunga. Ataukah suku bunga tersebut akan diserahkan kepada mekanisme pasar? Nggak mudeng saya bukan orang ekonomi. Pokoknya setahu saya kalau bunga rendah kesejahteraan meningkat, roda ekonomi berjalan.

Rasanya berat sekali untuk tidak silaturahmi ke blog teman-teman. Pak Norjik my blogger hero. Istilah blogger hero ini terinspirasi dari para gitaris biasanya mereka menyebut gitar pertama mereka dengan guitar hero berhubung pak Norjik adalah sahabat blogger pertama saya maka saya menyebutnya my blogger hero. Pak sawali tempat belajar bahasa, pakdhe jack sang juragan medis, dan lain lain yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

Pergi ke luar kota adalah hal biasa sebelum saya kenal blog dan tidak merasakan berat ketika tidak bisa mengakses internet, namun sekarang begitu berat. Apakah terlalu membesar-besarkan? Tentu saja terlalu membesar-besarkan, biasanya kalau pergi langsung pergi aja. Sekarang setelah kenal blog mau keluar kota aja pakai ditulis. Tetapi yang pasti tulisan ini keluar dari lubuk hati yang paling dalam. Sueer…. Sampai jumpa lagi tanggal 6 Desember. Waduh ternyata saya tidak dapat tiket pulang tanggal 5, jebule long weekend. Tanggal 8 nyembelih windows wedus.

Harga blog


Berhubung kehabisan bahan untuk posting, mau nulis tips nggak punya tips, mau nulis pengalaman pribadi ya itu itu saja maka iseng-iseng nulis ini saja lah. Mengenai harga sebuah blog. Lha kemarin saya sedih banget masak blog saya tidak ada nilainya menurut ini ni.. Hal tersebut saya ketahui setelah beberapa waktu yang lalu jalan-jalan ke rumah pak Sawali dan pak Edi.


Maklum sebagai blogger yunior belum tahu banyak mengenai seluk-beluk blog. Lha wong ngeblog baru beberapa bulan. Setelah langganan internet unlimited nyantol internet dari tetangga, ngenetnya sepuasnya. Kalau di kantor tidak bisa akses internet sepuasnya nanti dimarahi bos. Setelah sampai rumah baru ngenet sampai ngantuk.

Wah malah ngelantur. Kembali ke topik semula, waktu tadi silaturahmi ke blog rekan-rekan, ada salah satu blog yang memasang nilai blognya menggunakan ini. Saking katroknya saya, malah sampai lupa tadi blognya siapa.

Dari situ ternyata harga blog saya yang katrok ini adalah $2,828.00. Wah lumayan, misalkan rupiah saat ini Rp 12.000,00 maka harganya dalam rupiah Rp. 33.936.000,00. Lumayan, bisa untuk nraktir wedangan warga se RT. Mimpi kali yee….

Mengumpulkan PR

Kemarin saya mendapatkan lemparan award dari pak Sawali dan tak lama kemudian tugas dari mbak Lala.
Karena ini tugas pertama sejak di dunia persilatan pengeblogan, maka saya berusaha untuk mengerjakan sebaik mungkin. Tapi mohon maaf kalau tugas ini banyak yang salah atau nggak nyambung. Maklum masih pemula.


Teman-teman yang lain pada ngisi seperti di bawah ini, jadi saya ngikut saja, seperti kebiasaan waktu masih sekolah suka meniru PR teman di pagi hari sebelum bel masuk sekolah.

1. Pemilihan domain : Belum punya domain, kalau sub domain itu nama lengkap saya. Masih pakai yang gratisan belum punya uang untuk beli domain.
2. Alasan pemilihan tampilan : Waktu sowan mbah google dengan kata kunci “free template blogspot” dapat ini , saya pakai sampai sekarang. Mungkin besuk ganti lagi soalnya salah satu ciri blog gurem adalah gonti-ganti template.
Sedangkan penjelasan mengenai description blog ada di sini.
3. Lima kegokilan. Termasuk pendiam dan tidak gokil.
4. Isi dompet saat ini KTP, SIM, ATM, kartu asuransi kesehatan, kartu berobat, kartu donor darah, kartu member futsal, dan foto anak saya.

Untuk selanjutnya lemparan award ini saya teruskan kepada

  • NORJIK
  • CIWIR
  • EDIPSW
  • DZULFIKAR ZACKY
  • MARSUDIYANTO
  • AWALUDYN
  • BAWOR
  • dan teman-teman yang lain.
    Tidak harus mengerjakan tugas, hanya wujud dari rasa terima kasih kepada rekan-rekan yang mampir di sini. Mohon maaf bila tidak berkenan.

    How Vane Pumps work?

    How it Works


    Components
    Vane pump terdiri dari unsur inti bergerak, rotor [6] dengan sliding blades[4], yang berputar secara eksentris pada poros statis dalam silinder [3]. Karena kekuatan sentrifugal yang disebabkan oleh rotasi, sehingga blades dapat bergeser dan memperpanjang melalui alur secara longitudinal [5]. Pada saat blade memanjang berfungsi seperti vanes yang sesuai dengan bentuk silinder karena digerakkan oleh rotor.

    Compression Cycle
    Udara incoming[1] akan memasuki kompresor ketika piston [2] menghasilkan tekanan udara di sirkuit. Udara akan didorong memasuki silinder oleh rotating vanes, dimana sekelilingnya merupakan space yang kedap udara samapi menuju ke area kompresi. Udara akan dikompresi. Komprei tersebut didapatkan dar volume yang semakin mengecil karena dinding silinder dan rotor adalah eksentris. Setelah kompresi maksimum[7], udara keluar melalui outlet [8]. Setelah maksimum kompresi [7], udara keluar melalui outlet [8]. Semburan pendingin [9] mengurangi suhu dari kompresi siklus dan memastikan pelumasan. Menyuntikkan coolant yang juga berfungsi sebagai sealant untuk menjaga vanes kedap udara.

    Sumber http://www.pneumofore.com/technology/innovation/rotary-vane

    mbetulin tampilan

    habis subuh nyoba mbetulin tampilan yang kacau, seperti saya ceritakan di sini.
    dasar katrok mbetulin dari kemarin nggak bisa-bisa. kayaknya bener, saya kuwalat sama mbah harsono seperti komentarnya mbak lala dan mas endik, jadinya kolom saya hilang satu.
    lho udah jam 7. mandi, sikat gigi, ngelapi grobak, mangkat kerjo sik. nanti malam dilanjut lagi.

    Kegiatan akhir pekan

    Kemarin saya ditelpon pak RT, ada tetangga yang sakit dan masuk rumah sakit. Kami berangkat 7 orang naik kijang. Diantara yang ikut ada sesepuh warga yang berusia 60 an yang biasa kami panggil mbah Harsono. Satu-satunya warga yang usianya di atas 60 hanya mbah Harsono.



    Setelah selesai nengok kami merencanakan untuk makan malam dan nongkrong di wedang HIK/angkringan sambil cuci mata. Berhubung mbah Harsono sudah tua maka beliau kita limpeke (bahasa indonesianya apa ya?), maksudnya kita pura-pura pulang semua tapi kemudian ngumpul lagi tanpa mengajak mbah Harsono. Setelah ngumpul 6 orang kita berangkat lagi.

    Nah pada saat mau keluar gerbang perumahan ternyata mbah Harsono berada di sana sedang jalan kaki, padahal gerbang tersebut cuma satu-satunya. Wah pak supir bingung nih gimana ya kalau berpapasan dengan beliau. Karena sudah terlanjur akhirnya pura-pura diajak “Mari mbah ikut jalan-jalan”. Beliau tidak mau, mungkin ngambek karena dilimpeke.

    Akhirnya dengan perasaan nggak enak kita sampai di angkringan, makan nasi kucing dan minum jahe susu.

    Setelah agak malam pulang ke rumah, karena yang dijadikan base camp adalah rumah saya maka semua mampir dulu ke rumah saya.
    Sambil ngobrol dan ngopi (ndilalah ya kok pas baca manfaat kopi menurut pakdhejack) di depan rumah, kami buka detik untuk mengikuti perkembangan Amrozi CS menggunakan laptop pak Arif.
    Nih sedang minum kopi.

    Di rumah saya sediakan jaringan LAN (bener nggak nih istilahnya) jadi kalau tetangga pada bawa laptop tinggal nyolokin di HUB. Ngobrol sambil internetan.

    Dengan menggunakan laptop pak Arif yang OS-nya windows saya buka blog saya ini dengan internet explorer, biasanya saya pakai Firefox, saya kaget sekali lho kok tampilannya kacau, yang muncul cuma posting terakhir, kolom yang kanan tidak muncul, padahal biasanya 3 kolom. Karena penasaran saya coba buka pakai PC saya dengan IE. Lho kok sama saja. Wah sebagai orang yang katrok saya nggak tahu kenapa? Nyoba nanya mbah google sampai sekarang belum ketemu cara mbetulinnya. Maklum udah newbie, katrok lagi

    Upgrade to Ubuntu 8.10

    Libur telah tiba, libur telah tiba hore.. hore.. hore….
    Cuplikan lirik lagu Tasya tersebut menggambarkan suasana hati saya pada hari Jumat. Libur saatnya main komputer. Browsing, blogwalking, posting, dan diselingi kencing.
    Nah agenda saya saat itu (Sabtu, 1 November 2008) adalah upgrade Ubuntu 8.10.
    Fitur tambahan dapat dilihat di sini
    Tanpa basa-basi langsung saja menuju ke http://www.ubuntu.com/getubuntu/upgrading
    Network Upgrade for Ubuntu Desktops (Recommended)
    Kita dapat degan mudah melakukan upgrade melalui network, monggo mengikuti prosedur di bawah ini.
    1.Mulai System/Administration/Software Sources

    2.klik pada tab “Updates” dan ubah “Show new distribution release” menjadi “Normal releases”

    3.Mulai System/Administration/Update Manager

    4.Klik tombol Check untuk mengecek update terbaru.

    5.Sebuah pesan akan mucul dan memberi informasi mengenai jumlah release terbaru yang tersedia.

    6.Klik Upgrade.
    7.Ikuti instruksi pada layar.

    8.Setelah sampai pada pada getting new packages, memakan waktu yang lama sizenya kalau tidak salah sekitar 600 MB.

    Setelah sampai ke langkah 8 lamanya minta ampun. Padahal estimasi adalah 2 jam karena kalau subuh kecepatan downloadnya luar biasa. Ternyata setelah agak siang kecepatannya turun, sambil menunggu saya tinggal melakukan aktivitas lain, seperti browsing, downlaoding, blog walking, kencing dan ngisi** sekali. Sampai malam kok belum selesai kemudian karambol dengan bapak-bapak. Tidak terasa jam 00.30 lho kok sudah malam nggak enak nih sama pakde jack , sudah janji nggak akan begadang lagi. Langsung pulang dan melanjutkan upgrading-nya. Akhirnya selesai sudah.

    convert .flv menjadi .mpg menggunakan ffmpeg pada Ubuntu

    Kalau kantor mengadakan acara rekreasi, saya pasti disuruh jadi seksi hiburan. Job description-nya adalah memberikan hiburan untuk rekan-rekan agar selama dalam perjalanan dan pada saat acara rekreasi tidak bosan atau jenuh.

    tamasya ke Jakarta


    Biasanya saya menyewa VCD agar bisa dinikmati pada saat perjalanan. Karena saya sering mbuka youtube, maka muncul ide untuk membawa video yang ada di youtube. Kata kuncinya “lucu” setelah klik search munculah video-video lucu yang bener-bener lucu. Membuat terpingkal-pingkal sampai perut sakit. Kreatif bener orang-orang yang membuat video tersebut. Two thumbs up deh… Ada pidato Bush pakai bahasa jawa, pimp my ride jowo, dll. Setelah lihat pimp my ride jowo teman-teman nyuruh ndaftarin mobil saya. Pada menghina mobil saya yaa..

    Karena saya newbie, maka segera nanya ke om google agar bisa memindah flash video menjadi keping VCD agar bisa diputar menggunakan VCD player.

    Menurut om google seperti ini.

    1. Untuk download caranya seperti ini.

    Kemudian flash video yang berekstensi .flv saya rubah menjadi .mpg

    2. Install ffmpeg dengan perintah
    sudo apt-get install ffmpeg

    3. Cara convert

    3.1 Buka terminal dan menuju ke file folder video .flv yang akan dikonvert.
    Dengan mengetikan perintah :
    cd /home/user/desktop
    gantilah /home/user/desktop dengan lokasi alamat folder dimana file yang akan dikonvert berada.
    Contoh

    nadiah@nadiah-desktop:~$ cd /media/disk/doni

    3.2 Ketikkan perintah.
    ffmpeg -i jokes.flv -ab 56 -ar 22050 -b 500 -s 320×240 jokes.mpg

    jokes.flv adalah file yang akan dikonvert yang berada dalam folder. jokes.mpg adalah hasil yang akan kita dapatkan, jangan lupa menambahi ekstension .mpg
    Contoh
    nadiah@nadiah-desktop:/media/disk/doni$ ffmpeg -i miyabi.flv -ab 128 -ar 44100 -b 500 -s 800×600 miyabi.mpg
    atau
    ffmpeg -i barbie2.flv -ab 128 -ar 44100 -b 500 -s 800×600 barbie2.mpg

    keterangan :
    -b bitrate: set the video bitrate in kbit/s (default = 200 kb/s)
    -ab bitrate: set the audio bitrate in kbit/s (default = 64)
    -ar sample rate: set the audio samplerate in Hz (default = 44100 Hz)
    -s size: set frame size. The format is WxH (default 160×128 )

    4. Setelah mendapatkan file .mpg baru bisa diburning menjadi VCD


    tamasya ke Bali

    Saat di bus saya putar pakai VCD player yang berada di bus udah deh pada ngakak-ngakak. Sekali-sekali refreshing kan nggak dilarang.

    Sumber :
    http://www.ubuntugeek.com/convert-flv-google-videos-to-mpg-using-ffmpeg.html
    http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=283603