Membuat banner menggunakan GIMP

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas kebaikan hati mas Khay yang sudah seperti saudara sendiri, bahkan lebih dari saudara. Meskipun saya belum pernah ketemu.

Mas Khay dengan Sabar, tidak dengan kang Ali atau kang Seno, tapi milih dengan Sabar mengajari saya tentang banner. Meskipun semua orang sedang sibuk kampanye damai pemilu 2009 tapi masih mau mengajari saya.

Jika sampeyan berkunjung ke detik.com melihat banner animasi nah.. cara membuatnya seperti ini. Itu kata penulis tutorialnya bukan kata saya.

Tutorial ini saya buat dengan menyontek tutorial yang telah dibuat oleh ahlinya.
Tutorial gemblung membuat banner menggunakan GIMP pada Linux Ubuntu 8.10 ini hanya untuk iseng saja tidak ada maksud lain.


Tutorial membuat banner menggunakan GIMP pada linux ubuntu adalah sebagai berikut.

1. Buka aplikasi GIMP
2. File>New> “Create a new layer” pada template pilih “Web banner common 468×60”. Pada bagian Advance options pilih “Transparency”

Tampilan harus seperti di bawah ini.

3. Isi background menggunakan Bucket fill tools pada tool box.


4. Beri tulisan dengan warna yang berbeda dengan background. Atur posisi tulisan, fon dan ukuran.

5. Lihat layer (Ctrl+L). Klik kanan layer atas pilih “Merge down”

Sampai di sini TELAH TERBENTUK SATU LAYER ANIMASI

6. Pada jendela layer buatlah layer baru (klik kanan pada jendela layer pilih new layer) atur hanya new layer yang memiliki icon mata. Jika benar tampilan seperti ini.

7. Ulangi langkah 3 s/d 6,
8. Buat layer lagi sebanyak yang sampeyan inginkan. Ingat layer yang akan dibuat adalah yang icon matanya tampil.
9. Optimalkan animasi klik Filters–>Animation–>Optimize (for gif).
10. Simpan dalam format gif. Pilih Save animation>export.
11. Pada kotak selanjutnya pilih 2000 millisecond. Klik save.

12. Coba buka menggunakan browser IE, firefox, opera atau yang lain.
13. Nyalakan rokok bila jadi. Bila belum jadi coba lagi ya jangan menyerah.

HASILNYA SEPERTI INI
endar

Sumber :
http://sites.google.com/site/tutorialgimp/Home/banner

P.S. Banner ini saya simpan di picasaweb.google.com, maklum belum mampu beli hosting sendiri. Sepertinya kadang error jadi bannernya tidak mau muncul. Mohon maaf jika sampeyan baca postingan ini bannernya tidak muncul. Apakah teman teman ada ide lain?

P.S.maning maaf skrinsutnya belum saya tulisi nama blog saya

endar
yang ini disimpan di ripway.com atas saran mbah gugel

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

127 thoughts on “Membuat banner menggunakan GIMP”

  1. Ternyata masiy penasaran juga sama Ubuntu..heheheheItu udah bagus sekali sobat….Banyak sekali sebenarnya program banner animator, tp saya lebih suka berkreasi dengan photoshop..agar sesuai dengan selera…Selamat belajar membuat banner

  2. Wah ini yg tak cari2 pak …he3x. Akhirnya nemu juga. Kl mslh hosting image yg animasi maupun diam, rasanya gk perlu pake hosting sendiri, mlh nantinya bikin boros bandwith wkt blog di load…tp kl dpt jatah bandwith gede sih gk mslh ^_^. Kl sy msh setia dg photobucket /u upload gmbr yg mau di tampilkan di blog. Tinggal copy script nya nya trus paste, sdh lnsng tampil :)

  3. @dedegawe sing kaya ngapa kang?@suryadensaiki wis tak tulis kang@beat2ws saiki wis tak tulis kang@alifahru oke deh..@Pencerah corel bajakan mesti@marsudiyanto dia kan guru saya pak@Edi Psw nggak dapat respon pak saya tulis dengan paksa@abdee wis rampung mas@Rampadan wis rampung mas@pakdejackwis ono mas @achmad sholeh bisa pak@sawali tuhusetya saya juga sudah email minta ijin untuk menulis ulang @khairuddin syach tul penasaran samapi nggak bisa tidur. makasih mas atas pelajarannya@Pingin Ngeblog wis tek tulis kang@suwungsampeyan senengane merendah lho jagoan kok@Pradna ok kang tek tunggu@Baworberes kang tek tunggu@purwaka ok makasih mas@dedeniya betul saya puas anda lemasberes mas@[on]comsaya juga bingung@yoyo saya juga gaptek, katrok banget@khairuddin syachok mas makasih@annosmile silahkan@Andy MSE skrinsutnya memang bikin males mbikinnya@h4rspadahal satu guru satu ilmu lho@norjikmeluncur ke tkp pak. makasih banget sarannya@abindut download gratis kok. itu bawaan ubuntu@Senopada pada kang. rika juga sering ngajari nyong koh… kesuwun ya kang

  4. Hiks :( rasanya udah pernah komen disini tp koq ga penampakan ya ? Yo wis saya ulang lagi:Pertama, makasih banyak ya mas, dah berkenan majang banner made in “khai-design” lambang kenekadan saya ikut kontes2an .. hi3x… juga link-nya di postingan diatas.Kedua, makasih yaaa udah dibikinin banner *eeh belum yaa.. wakakak*

  5. Sungguh penat dirimu sobat, bolak balik Purwo – Jakarta…Met istirahat sobat endar….Mudah2an dapat segera mendapat energi baru.. *energi drink, hemaviton energy drink, bissa!!* hehehehe

  6. INfone paten banget kang….sip DUkung IGOS ya kang….Pangapunten kang, nembe mertamu…wingi ana persiapan tugas…tugas alhamdulillah lancar…Bar kuwe modem disilih maning…La kiye alhmdulillah bisa OL maning….

  7. Ubuntuku rusak ga bisa kebuka… kenapa ya?kalah sama windows, ga tau kenapa, tiba2 rusak dan semua partisi ga kebaca. binun nih. tapi windows mau jalan, binun nihhh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA Image
Reload Image