Budaya

Meskipun bukan budayawan, pengamat politik, atau blogger nasional akan tetapi pada posting ini saya yang hanya seorang toekang akan belajar mengenai budaya. Hal ini terinspirasi dari beberapa daerah yang pernah dan akan saya tinggali.

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai “kultur” dalam bahasa Indonesia.

Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

Kehidupan individu selalu dibatasi oleh norma yang berlaku di masyarakat. Nilai adalah suatu konsep yang berlaku pada individu mengenai baik dan buruk, pantas dan tidak pantas, benar dan salah. Nilai sosial yang berlaku di masing-masing tidaklah sama, nilai sosial di suatu masyarakat bisa dianggap baik tapi di masyarakat yang lain dianggap tidak baik. Norma sosial selalu berisi petunjuk larangan ataupun perintah. Norma norma selalu tumbuh dan berkembang di masyarakat untuk menjadi pngendali dan pengikat dalam kehidupan bermasyarakat.

Yang menjadi masalah dan pertentangan batin adalah suatu nilai yang menurut hati nurani baik tapi tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Hal tersebut tentu menjadi beban bagi individu yang menjalani.


Budaya macet yang membuat pusing. Himbauan untuk merokok dan larangan merokok berebut space iklan. (di sebuah tempat di Jakarta yang saya tidak tahu nama daerah tersebut)


Semoga engkau mampu beradaptasi di kebudayaan yang baru.

Mohon doa restu agar semua lancar terima kasih.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

105 thoughts on “Budaya”

  1. budaya dibentuk oleh kombinasi dari sistem nilai (value system) dan sistem keyakinan (believe system), ethos dan mythos.yang harus diktengahkan kembali adalah, "mana sesungguhnya ethos dan mythos kita sebagai sebuah bangsa?"

  2. semoga tetap memegang penuh apa yang dibawa sejak lahir,dimana kaki dipijak, gak usah repot menjunjung langitnya (kurang gawean) wkwkwkkwkwkkkwkbudaya emping juga lagi membudaya lhooooo (lmao)

  3. yang penting ketika kita diingatkan oleh sebagian masyarakat umum yang sebenarnya buat kebaikan bersama jangan berlindung dibalik hak asasi manusia…inilah yang terkadang bikin saya kesel…kenapa didunia ini makin banyak orang yang bengal ketika diingatkan langsung berbalik menghujat dan berdalih INI HAK ASASI SAYA..!!!

  4. yahhh, kirain ketemu di pesbuk tadi :Dga taunya templit pesbuk.. xixixixipindah kemana kang?kayake lebih bagusan tempat yang bakalan ditempati skg :)

  5. norma adalah kesepakatan tidak tertulis dari berbagai individu. tentu saja tidak semua invididu sejalan dengan norma itu. ini sesuatu yang wajar asalkan tidak ditunjukkan secara frontal dengan menyrang norma yang sedang berlaku.

  6. kita itu apa-apa kok dianggap budaya toh… hahhaa… ada budaya blogger penjilat, blogger organizer, blogger monetizer,… semakin menyuburkan budaya pecah belah saja… budaya pusat budaya daerah… halah…

  7. wah takirain masnya yang jadi badut… assyik ya… tapi emang gitu sekarang mas semua kota besar pada macet semuanya… entahlah bagaimana pemerintah mengaturnya… salam kenal dari saya mas mampir2 ya mas kasih kritik dan saran juga

  8. Lah, tela ko..! Apalagi kalo di Jakarta, tiada hari tanpa muaceeet cet cet. Pokoke kalo dijakarta umure dewek entong neng dalan :(Angger ngomong soal budaya, Siki lengger karo ebeg banyumasan wis langka ya kang.

  9. Indonesia oh indonesia. Sering kita dengar sering pula kita membanggakan adat ketimuran kita yg katanya identik dgn keramahtamahan serta sling gotongroyong.Tapi saat ini bangsa kita sakit,banyak msalah. Apa yg salah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA Image
Reload Image