Mango, open source M2M

Biasanya saya menulis hal-hal semacam ini di blog tukang yang dofollow. Tapi berhubung untuk meramaikan blog ini maka terpaksa saya tulis di blog ini.

Mango
Mango Website Skrinsut

Tulisan ini adalah untuk mereview (tapi tidak dibayar lho) tentang sebuah open source software. Mango, menurut websitenya http://mango.serotoninsoftware.com/ adalah salah satu dari sedikit sekali M2M (Machine to Machine) atau biasa juga disebut Industrial Control, SCADA(Supervisory Control And Data Acquisition) atau HMI (Human Machine Interface). Penjelasan singkatnya adalah jika sampeyan bisa melihat suhu/temperature suatu tempat dari website, nah itulah salah satu kegunaan sofware ini. Sebuah sensor dipasang pada tempat yang akan diukur kemudian dihubungkan ke controller dan ditampilkan menggunakan software ini.

Mango adalah berbasis browser, Software M2M memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengontrol sensor elektronik, perangkat, dan mesin melalui protokol secara simultan. Mudah untuk men-download dan menginstal pada berbagai jenis platform, Mango menyediakan sebuah antarmuka data yang dapat dibuat dan dikonfigurasi. Mango dapat digunakan untuk alert, data logging, dan otomatisasi.

Harga sofware HMI tidaklah murah sepengetahuan saya harga termurah adalah $3500. Sedangkan Mango adalah open source yang bisa digunakan, dikembangkan, dan didistribusikan secara bebas tapi tentu saja tidak boleh menghilangkan kredit dari authornya.

mango serotonin
mango serotonin

Mangga adalah buah penuh dengan vitamin, mineral dan anti-oksidan dan seperti buah-buahan yang lain mengandung sangat sedikit protein, lemak dan kalori. Mangga juga mengandung banyak tryptophan yang mempengaruhi kadar serotonin. Pada manusia, kadar serotonin dipengaruhi oleh diet. Peningkatan rasio tryptophan pada fenilalanin dan leusin akan meningkatkan kadar serotonin. Buah dengan rasio yang baik misalnya mangga, pepaya dan pisang.
Sumber en.wikipedia

Saya sendiri belum sempat mencoba melalui tulisan ini saya mohon doa agar bisa berhasil menggunakan.

Ikut-ikutan sedulur Andy MSE.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

36 thoughts on “Mango, open source M2M”

  1. Pernah denger ttng Mango,tapi lupa kapan dan dimana baru tau detilnay di sini ….. dan untuk mempraktekkannya perlu alat2 tambahan lainnya yaaa .. untuk pemakaian pribadi kayaknya kurang pas yaaaa kecuali untuk riset, uji coba untuk lembaga perusahaan dll

  2. *mendoakan agar berhasil menggunakan program ini, juga buat yang komen, yang masih setia dengan “jendela” (doh)
    kalo mangga mah sayah juga suka (mmm)

  3. Menarik sekali mas.. Tapi saya bingun bagaimana caranya data dari sensor masuk ke komputer? atau pake interface serial atau USB? Jika penggunaannya seperti itu maka harus pakai komputer donk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA Image
Reload Image