Mei, 12 tahun yang lalu

dua belas tahun sudah hal itu terjadi
rasanya baru kemarin saya jalani
meski tidak orasi, hanya menyemangati
sial, mahasiswa sudah berhadapan dengan polisi

debu dan gas membuat pedih di mata
HANDBODY lotion segera dioleskan di muka
mahasiswa dan polisi dengan semangat yang sama
katanya, itu semua demi tanah air tercinta

Saat itu saya masih berstatus mahasiswa meskipun sudah mau lulus. Sebelumnya tidak pernah ikut-ikutan demo karena kesibukan kuliah. Gara-gara banyak teman yang mengejek mengatakan banci terpaksa ikut-ikutan demo. Sialnya pertama ikut demo langsung disambut dengan tembakan dan lemparan batu.

Saat itu kami demo di sebuah universitas di barat Solo. Setelah agak sore tidak tahu entah kemana para polisi dan aparat, semuanya menghilang. Hanya mahasiswa dan massa yang berkumpul.

Entah siapa yang memulai?? Sampai sekarang masih menjadi misteri bagi saya. Tiba-tiba toko di sebelah timur UMS mulai dilempari batu dan dibakar. Dan suasana kacau mulai semakin merambat ke arah timur.

JANGAN LUPAKAN TRAGEDI MEI ’98

Mei 98
Mei 98

Sumber foto dari internet.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

56 thoughts on “Mei, 12 tahun yang lalu”

  1. waktu itu aku wes kerjo kang!
    tadinya nggak ikut demo, setelah liat siaran tipi jadi ikut2an (nonton) demo juga, cuma nongkrong di tugumuda liat keramean… kantor prei terpaksa, semua karyawan nggak ada yang masuk.. (haha)

  2. Berarti kita nasibnya sama gan, di UMS? Lha aku malah di UNSnya. Nggak berniat ikut, tapi ngikut jalan mau pulang, sudah kadung paginya masuk kampus Kentingan, ke luar kok ada demo, mau pulang naik bis nggak ada, yah… terpaksa deh ikutan jalan kaki 10 km sampai di Balai Kota. Saya masih terngiang yel-yel mereka:
    Rombongan Belakang : “TURUNKAN!”
    Rombongan Tengah : “A”
    Rombongan Depan : “SUHARTO”
    Ingat nggak gan?

  3. peristiwa 12 mei 1998 merupakan tragedi kemanusiaan yang sekarang belum juga terungkap, mas endar. sudah banyak tim investigasi dibentuk, tapi hasilnya nihil. sangat beralasan kalau keluarga korban hingga sekarang masih terus bertanya2 ttg respon pemerintah.

  4. waktu itu q lagi mo pulang ma pacarku dari sekolahan lho…xixixi
    tapi kakak saya kasihan gak bisa keluar dari kampus 2 hari dan pulang dak memar di kepala.

  5. sayangnya saat itu saya masih SMP dan sedang tidak di indonesia. tapi berita di CNN dan internet selalu bikin saya deg-deg-an. takut seperti di filem “the terminal” jangan-jangan pulang udah enggak ada negara indonesia lagi :( tapi alhamdullilah masih ada toh … hehehe …

  6. enggak nyangka, kang endar rupanya salah satu pejuang angkatan 98 toh … *worship* emang saya denger juga di majalah hai waktu itu ada t-shirt provokatif yang berbunyi “kalau belum demo, bukan mahasiswa” hahaha … apes baget yah jadi mahasiswa tahun segitu

  7. misteri yang terbungkam dan dibungkam sang penguasa yang lalu maupun yang sekarang, bohong kalau penguasa bilang tragedi itu masih menjadi misteri, yang ada menyembunyikan misteri *halllaaaahhhh* (doh)

  8. kang Endar angkatan brapa? waktu itu sy masih SMP. kakak sy yg angkatan 95 juga lagi seru2nya demo waktu itu..
    mang heboh, kerna berhasil membuat penguasa orba itu mundur kerna aksi mereka. walaupun juga banyak korban yg meninggal gegara tragedi itu..

  9. salam kenal, waktu itu masih kelas satu SMA. sepakat sama Mas Endar, jangan lupa tragedi mei, sayangnya orang Indonesia banyak yang amnesia :-p (menyedihkan)

  10. Saat itu aku sedang kerja, dan akhirnya dipulangkan. Susahnya mencari jalan pulang yang aman. Pada akhirnya bisa sampe dengan selamat. Alhamdulillah.

  11. Hello there, You have done an excellent job. I will certainly digg it and personally recommend to my friends. I’m confident they’ll be benefited from this website.

  12. Excellent post. I was checking constantly this blog and I am impressed! Extremely helpful info particularly the last part :) I care for such info much. I was seeking this particular info for a long time. Thank you and good luck.

  13. Very nice post. I just stumbled upon your weblog and wished to say that I have really enjoyed browsing your blog posts. After all I’ll be subscribing to your rss feed and I hope you write again very soon!

  14. Undeniably believe that which you said. Your favorite reason appeared to be on the web the easiest thing to be aware of. I say to you, I definitely get annoyed while people think about worries that they just don’t know about. You managed to hit the nail upon the top as well as defined out the whole thing without having side effect , people can take a signal. Will probably be back to get more. Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


CAPTCHA Image
Reload Image